Minggu, 11 Juni 2017

Manfaat dan Khasiat Ubi Jalar Kuning


Ubi bisa atau nama lain ketela rambat adalah jenis umbi-umbi yang memiliki modifikasi yang sangat beragam, bisa juga dijadikan bahan makanan, kripik, adonan donat, pasta dan sebagainya. Jenis ubi add juga berupa ubi jalar (ketela rambat) dan ubi singkong (ubi kayu). Kemudahan untuk menanam dan memperolehnya membuat masyarakat suka menyantap makanan berbahan ubi ini. Rasanya juga enak. Di sejumlah daerah, ubi jalar kerap dijadikan sumber makanan pokok atau camilan yang menemani saat minum teh, kopi, atau bajigur di sore hari. Untuk camilan, ubi bisa dikukus, goreng, atau dibuat aneka penganan, yang pasti sangat lezat. Sayangnya, panganan dari ubi jalar ini belum menjadi makanan favorit kebanyakan orang

Distributor Ubi Sumatra 

0813 63 314010
Pandawa Sumatra - ridme

Masih banyak yang menganggap remeh ubi jalar, "Kurang keren dan terlalu ndeso," begitu alasannya. Jenis ubi jalarpun ada beragam, mulai dari warna kuning, putih dan kuning. Ubi jalar kuning diketahui mempunyai kadar betakaroten tinggi dibandingkan jenis ubijalar putih maupun ubijalar ungu tapi bukan berarti ubi tersebut tidak ada manfaatnya.

1. Betakaroten tinggi itu dapat mereduksi sekitar 35-40% risiko serangan penyakit jantung, kanker, penuaan dini, penurunan kekebalan, hingga gangguan mata.
2. Riset lain bahkan mengungkap kandungan kalsium pada ubijalar kuning paling tinggi dibandingkan jagung, sorgum, dan beras sehingga Ipomea batatas tersebut berfaedah dalam pembentukan tulang serta mencegah rapuh tulang alias osteoporosis.
3. Ubi kuning juga kaya akan kandungan serat, sebuah karbohidrat yang terbukti untuk menurunkan kadar kolesterol darah. Buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan merupakan sumber serat yang penting.
4. Vitamin B6 yang terkandung di dalam ubi kuning mampu membantu mencegah penumpukan homosistein dalam darah. Tingkat homosistein yang tinggi dalam darah berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.
5. Buah-buah atau sayuran yang mengandung potasium adalah makanan yang baik untuk mencegah hipertensi. Jika Anda ingin menjaga tekanan darah dalam keadaan normal, maka kita bisa mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan kandungan potasium atau Anda bisa makan ubi jalar.
6. Magnesium adalah mineral peringkat keempat yang paling banyak terdapat dalam tubuh, namun hanya sedikit orang yang menyadari manfaatnya. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi diet tinggi magnesium sangat jarang terkena tipe 2. Tamarin, buah pir dan nangka adalah salah satu sumber magnesium tertinggi dalam dalam buah-buahan.
7. Ubi jalar juga kaya akan kandungn vitamin E, Vitamin E telah dikenal baik karena manfaatnya dalam mencegah penuaan kulit. Alpukat dan kiwi juga kaya akan kandungan vitamin E.
8. Jika Anda telah merasa lelah dan lemah, mungkin tubuh Anda membutuhkan  lebih banyak zat besi. Dengan demikian Anda bisa mengonsumsi ubi kuning ini karena, ubi kuning memiliki kandungan zat besi yang berguna untuk meningkatkan distribusi oksigen ke seluruh tubuh Anda.
  • Energi Ubi Jalar Kuning = 114 kkal
  • Protein Ubi Jalar Kuning = 0,8 gr
  • Lemak Ubi Jalar Kuning = 0,5 gr
  • Karbohidrat Ubi Jalar Kuning = 26,7 gr
  • Kalsium Ubi Jalar Kuning = 51 mg
  • Fosfor Ubi Jalar Kuning = 47 mg
  • Zat Besi Ubi Jalar Kuning = 0,9 mg
  • Vitamin A Ubi Jalar Kuning = 0 IU
  • Vitamin B1 Ubi Jalar Kuning = 0,06 mg
  • Vitamin C Ubi Jalar Kuning = 22 mg
liputan6
alibaba
manfaat ubi
khasiat ubi jalar
Ekspor ubi
replubika


Ubi Jalar Kuning yang diteliti (Food Weight) = 100 gr

Bagian yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 85 %
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.
Mungkin dikarnakan ubi jalar ini adalah makanan khas daerah dan gampang didapatkan didaerah membuat ubi kurang populer dibandingkan makanan olahan impor atau makan mahal lainnya. Padahal ubi memiliki banyak faedah dan manfaat untuk kesehatan. Terbukti banyak perusahaan asing mau mendirikan pabrik untuk mengolah ubi dari Indonesia untuk di ekspor kembali ke negara asal mereka.


Distributor Ubi Sumatra 

0813 63 314010
Pandawa Sumatra - ridme







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kunjungan SBY ke Pabrik Pengolahan dan Ekspor Ubi di Kuningan

  Tak banyak masyarakat Indonesia yang meyadari khasiat dari ubi jalar khas Indonesia, dan tak sedikit pula masyarakat yang memanfaat ko...